Senin, 13 Februari 2012

LARI GAWANG


PENDAHULUAN
              Atletik merupakan kegiatan jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan yang dinamis dan harmonis seperti: jalan, lari, lompat dan lempar.
Atletik merupakan aktivitas jasmani yang mendasar untuk cabang olah raga lainnya, juga merupakan unsure olahgara yang amat penting dalam acara pesta olahraga seperti PON, SEA GAMES, ASIAN GAME dan OLIMPIADE.
              Atletik juga merupakan sarana untuk pendidikan jasmani dalam upaya meningkatkan daya tahan, kekuatan, kecepatan, kelincahan dan lain sebagainya, selain untuk sarana pendidikan juga sebagai sarana penelitian bagi para ilmuan.
              Atletik berasal dari bahasa Yunani Athlon atau Athlum yang berarti perlombaan, pertandingan, pergulatan atau suatu perjuangan, orang yang melakukannya disebut Athleta (atlet).
         
PEMBAHASAN
LARI GAWANG

Lari gawang merupakan kegiatan jasmani yang berbentuk gerak lari atau berlari melalui rintangan. Tujuan pembelajaran lari gawang tersebut adalah suatu upaya untuk meningkatkan suatu kondisi yang baik bagi para pelajar sekolah dasar. Kondisi yang dimaksud adalah meningkatkan:
1.      Daya Tahan anak
2.      Kekuatan anak
3.      Kecepatan anak
4.      Kelincahan anak
5.      Kelenturan anak
Dari kelima komponen ini diharapkan siswa memiliki tingkat kebugaran yang baik. Dengan kesegaran jasmani yang baik, maka diharapkan memiliki kekebalan akan penyakit ditinjau dari sudut mental anak, dengan memilki kelima komponen tersebut maka secara psikologis akan terjadi seperti meningkatkan rasa:
a.      Percaya diri
b.      Keberanian
c.       Kekeluargaan
Dan lain sebagainya.
Gawang-gawang untuk lari gawang minimal 80 buah ukuran gawang untuk:
a.      100 meter gawang tinggi 0,838 meter ukuran putri
b.      110 meter gawang tinginya 1,067 meter ukuran putra
c.       400 meter gawang tingginya 0,762 meter ukuran putri
d.      400 meter gawang tingginya 0,914 meter ukuran putra
·         Lebar gawang maksimum 1,20 meter.
·         Panjang Maksimum bagian dasar 0,70 meter.
·         Berat total sebuah gawang tidak boleh lebih dari 10 kg.
·         Lebar palang kayunya 7 cm, tebalnya 1-2 cm, tepi dari palang tersebut harus dibulatkan agar tidak tajam.
·         Palng tersebut harus di cat belang putih dan hitam dengan ketentuan warna hitamnya selebar 22,50 cm, kedua tepinya harus berwarna putih.
Dibawah merupakan beberapa contoh latihan untuk diterapkan kepada peserta didik, berikut contohnya:
1.      Lari gawang menggunakan tali, kegiatan dilakukan secara berkelompok dan melakukan lari melalui tali dan yang lain memegang tali.
2.      Kegiatan belajar dengan formasi berbanjar rintangan berderet lurus ke muka. Rintangan dapat digandakan untuk merangsang langkah lebih jauh ke depan.
3.      Gerakan melalui teman dengan posisi merangkak.
4.      Lari rintang menggunakan kotak (boks) yang terbuat dari kayu yang kuat atau bias menggunakan kardus bekas.
5.      Lari rintang sama halnya menggunakan tali ataupun kotak, pada gambar ini lari rintang menggunakan bangku.


PENUTUP
RANGKUMAN
Kegiatan belajar-mengajar lari rintang yang dilaksanakan dalam bentuk sajian tertulis ini dapat anda simak dan telah secara mendalam agar benar-benar dapat memahami.
Pada kegiatan belajar kedua ini diberikan begbagai kegiatan lari rintang yang menggunakan alat-alat seperti:
1.      gerakan lari rintangan menggunakan alat tali dilakukan dengan suasana bermain dapat dilakukan secara pasangan atau secara kelompok.
2.      Gerakan lari rintangan melalui balok-balok yang telah disusun sebegitu rupa sehinggga menyerupai bata yang tersusun, atau melalui teman-teman kotak yang telah telungkup dan sebagainya.
3.      Gerakan lari rintangan ini juga disajikan dengan menggunakan alat-alat seperti, bangku yang tersusun sedemikian rupa sehingga menarik siswa untuk melakukannya.
4.      Gerakan-gerakan lari rintangan ini merupakan cikal bakal lari gawang, dan pada fase berikut dalam pembelajaran lari rintangan ini dikenalkan pada gawang-gawang yang sederhana serta teknik langkah yang selaras dengan gawang.



TUGAS


DIDAKTIF METODIK ATLETIK








Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas kelompok



Disusun oleh:

WAWAN SETIAWAN

KELAS  2  I

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar